BIMBINGAN TEKNIS/SOSIALISASI KEMUDAHAN BERUSAHA

Muaradua, Juli 2021, bertempat di Ever Green Hotel, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan menggelar kegiatan Bimbingan Teknis/Sosialisasi Kemudahan Berusaha dengan Tema : ‘Kemitraan Usaha Dapat Mendukung Peningkatan Pendapatan dan Peningkatan Skala Usaha Pada Masa Pandemi Covid-19″. Acara dilaksanakan pada tanggal 05 dan 06 Juli 2021 dengan diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan pengusaha berskala mikro, kecil dan menengah serta besar.  yang berlokasi di Kabupten OKU Selatan.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah, H. Romzi, SE., M.Si. yang didampingi langsung Kepala Dinas PMPTSP Haris Munandar, SH., MH. dan Kepala Bidang Renbang Iklim, Promosi, pengendalian  pelaksanaan Penanaman Modal Syarfudin, SE, MM. Dalam sambutannya Sekda berharap, agar  kegiatan ini akan memberikan pengetahuan dan wawasan bagi pelaku Usaha khususnya UMKM dalam membaca dan memanfaatkan peluang  Usaha masa Pandemi Covid-19. Beliau juga berharap Para pelaku Usaha Besar baik itu PMDN/PMA dapat  memberikan kontribusi kepada UMKM bukan dari segi permodalan saja akan tetapi lebih dari pada itu yaitu berupa pembinaan / pelatihan sehingga antara Usaha Besar dan UMKM dapat seiring dalam peningkatan Ekonomi Daerah.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Nara Sumber yang berasal dari Dosen STIA Satya Negara Palembang, Drs. H. Adenan Zachri, M. Si dengan materi  “Peran Pemerintah Daerah Dalam Rangka Kemudahan Berusaha UMKM” dan dilanjutkan oleh Nara Sumber berikutnya Junaidi, SE selaku Kabid Koperasi dan UMKM pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten OKU Selatan dengan materi “Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah”. Sesuai dengan tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu memberikan wawasan kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya dengan kemitraan, sehingga pelaku UMKM diharapkan memanfaatkan kemitraan sebagai upaya/strategi untuk meningkatkan pendapatan. Kemudian acara ini dilanjutkan dengan sesi Tanya Jawab dipandu oleh Bpk.David Hayadi,SH dan ditutup dengan do’a bersama.